Senin, 29 Maret 2010

Langkah-langkah Persiapan Membuka Usaha Butik

Memulai usaha bisnis butik ternyata bisa menyalurkan hobi. Yah, hobi belanja, hobi jalan-jalan, hobi hang out bersama teman. Coba bayangkan, hobi-hobi kita bisa tersalurkan, tapi ada pemasukan yang bisa kita peroleh. Nikmat bukan?. Ternyata, memulai suatu usaha butik tidak selalu membutuhkan modal yang besar.

Dimana langkah-langkah untuk persiapan membuka usaha butik yaitu:
Siapkan mental menjadi pekerja mandiri/self employed(kemauan kuat dan kerja keras,semangat pantang menyerah untuk mengatasi rasa malu dan rasa takut gagal). Siapkan keahlian yang mendukung (jalin komunikasi untuk menawarkan produk, bila perlu kursus menjahit atau lainnya untuk mendukung usaha, update pengetahuan & informasi terutama terhadap trend dan mode). Kemudian riset pangsa pasar yang akan diraih dan riset lokasi yang akan dijadikan tempat usaha.

Untuk strategi pemasarannya: Sesuaikan produk dengan target pasar, sesuaikan harga jual dengan kualitas produk, mampu membaca selera pasar, harus ada produk unggulan, promosi produk (relasi, pelayanan pegawai, online), jalin relasi seluas-luasnya.

Untuk mendukung pengembangan butik: Tertib administrasi usaha (admin. barang dan admin. keuangan) kemudian menambah keahlian (kursus menjahit, kursus manajemen kewirausahaan, kursus pembukuan,dll).

Tidak ada komentar: