

Saat ini usaha bisnis bisnis retail atau usaha retail merupakan salah satu usaha yang memiliki prospek yang baik dan terus berkembang. Maka dari itu banyak perusahaan konsultan, jasa konsultan, konsultan bisnis dan konsultan usaha retail untuk mambantu para pebisnis retail. Pengelolaan bisnis retail atau usaha retail membutuhkan kesiapan pengelola dalam semua sisi manajemen. Kelemahan dalam satu sisi manajemen ritel akan membuat peritel mengalami kendala dalam mengelola dan memacu industri usaha bisnis ritel bekerja dengan baik dan cepat.
Masalah umum yang dihadapi oleh pebisnis usaha ritel, terutama pebisnis baru saat ini adalah masalah manajemen. Mereka biasanya membuka ritel dengan tanpa konsep atau tanpa manajemen strategi ritel yang matang.
Dalam tulisan ini saya akan membahas mengenai manajemen ritel mulai dari strategi pemasaran ritel, strategi financial dan keuangan ritel, strategi lokasi ritel, manajemen sumber daya manusia ritel, Informasi sistem dan supply chain manajemen ritel hingga manajemen hubungan customer.

Manajemen strategi ritel mencakup
1.) Target market peritel.
2.) Strategi peritel untuk memuaskan atau mencukupi kebutuhan pasar.
3.) Dasar peritel untuk menciptakan competitive advantage.


1.) Customer loyalty.
2.) Lokasi.
3.) Manajemen sumber daya manusia.
4.) Sistem informasi dan distribusi.
5.) Merchandise yang unik.
6.) Hubungan dengan supply chain.
7.) Customer service.
